PROPOSAL KERJASAMA PELAYANAN KESEHATAN

TAHUN 2014
KLINIK
BINTANG/BMC
KLINIK BMC BINTANG MEDICAL CENTRE GROUP
Jl. Cianjur-Bandung
Kp. Ciodeng Rt.
LATAR BELAKANG
Dalam era persaingan bebas seperti sekarang ini, setiap
perusahaan harus menghasilkan produknya secara optimal untuk memenuhi tuntutan
pasar. Untuk menghasilkan suatu produk yang optimal, dibutuhkan sumber daya
manusia yang sehat.
Pemeriksaan kesehatan sumber daya manusia di dalam
perusahaan merupakan suatu upaya perusahaan untuk meningkatkan mutu dan
kualitas sumber daya manusia itu sendiri yang menyangkut fisik, mental dan
ketrampilan, yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas. Selain itu pula sudah
menjadi trend bahwa buyermensyaratkan perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan
karyawan terutama di bidang kesehatan.
Pengelolaan kesehatan dan lebih luas lagi pengelolaan K3 (
Kesehatan dan Keselamatan Kerja ) adalah hal yang tidak mudah karena memerlukan
SDM yang tersendiri dan biaya yang tidak sedikit, selain itu pula perusahaan
menjadi “direpotkan” karena harus membuat pelaporan kegiatan K3 yang harus
diserahkan pada dinas kesehatan setiap bulan.
Menimbang hal tersebut di atas maka
kami dari KLINIK BINTANG (BMC)GROUP
menawarkan suatu bentuk kerjasama dalam pengelolaan kesehatan sumber daya
manusia di perusahaan.
Hal ini merupakan suatu komitmen kami untuk turut serta
menunjang program pemerintah dalam bidang kesehatan guna meningkatkan kualitas
hidup manusia Indonesia. Kualitas hidup ini dapat ditingkatkan melalui upaya :
•
Meningkatkan kebugaran orang sehat
supaya menjadi lebih sehat
•
Mendiagnosis penyakit sedini mungkin sehingga
mudah disembuhkan
•
Mengurangi penderitaan pasien dan memperpendek masa
sakit
•
Mengurangi derajat cacat serta mengembalikan
fungsi tubuh secara optimal
•
Meningkatkan kecerdasan mental, emosional dan
spiritual untuk mencapai tingkat kesehatan yang paripurna
KLINIK BINTANG (BMC)GROUP,
sebagai salah satu pengembangan dan pembangunan unit layanan kesehatan di
perusahaan, bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan kerja yang meliputi
fisik, mental, emosional dan spiritual.
Visi : Sebagai
penyedia Jasa
Pelayanan
KesehatanPerusahaan
yang terkemuka dan bermutu
guna memenuhi kebutuhan perusahaan, di bidangkinerjakaryawan.
Misi :
Memberikan arah kontribusi yg
optimal dalam membangun
Kesehatan Masyarakat melalui Jasa
Pelayanan Kesehatan dan
lingkungan Perusahaan yang
sehat dengan mengutamakan
efektifitas -
efisiensipelayanan mencapai kemandirian dan
kemampuan bersaing diperdagangan bebas.
Konsep : Memberikan pelayanan
kesehatan yang
optimal kepada setiap
pasien yang datang berobat
Dengan tersedianya klinik yang
dapat melakukan pelayanan selama 24 jam, yang meliputi penyediaan obat-obatan,
peralatan medis, perawat dan dokter jaga, mencerminkan bahwa perusahaan
mengutamakan kesehatan karyawannya. Hal ini akan meningkatkan produktivitas
karyawan karena setiap saat karyawan dapat memeriksakan kesehatannya di klinik.
Sebagai penyedia jasa layanan
kesehatan perusahaan, KLINIK BINTANG (BMC)GROUPakan terus membantu perusahaan
dalam bidang pelayanan kesehatan kepada karyawannya dengan komitmen pelayanan
kesehatan yang terbaik dengan didukung oleh tenaga yang profesional di
bidangnya. Dokter penanggung jawab KLINIK BINTANG (BMC)GROUPjuga memiliki sertifikat
HIPERKES yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja, sebagai salah satu
syarat menjadi dokter perusahaan.
TUJUAN
- Membantu perusahaan dalam meningkatkan produktifitas sumber daya manusianya melalui penyediaan pelayanan kesehatan yang baik, mudah dan terjangkau
- Meningkatkan derajat kesehatan karyawan demi terwujudnya pengembangan sumber daya manusia yang handal
- Membantu program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sehat 2010 melalui upaya promotif dan preventif dibandingkan kuratif dan rehabilitatif.
Apa keuntungan perusahaan
dalam menjalin kerjasama denganKLINIK BINTANG (BMC)GROUP?
- Kesehatan karyawan terjamin dan pelayanan 24 jam
- Pengobatan karyawan terkontrol terutama penggunaan Surat Keterangan Sakit dan Biaya Berobat
- Dapat dilakukan tindakan emergency selama 24 jam sesuai dengan jam kerja perusahaan
4.
Apabila tidak dapat
ditangani di dalam poliklinik perusahaan, dapat langsung dirujuk ke KLINIK BINTANG
(BMC)GROUP yang terdekat dengan lokasi perusahaan
masing-masing
5.
Dokter Penanggung
Jawab memiliki sertifikat HIPERKES
- Setiap bulan perusahaan akan mendapatkan laporan data karyawan yang berobat, jumlah penyakit atau cidera akibat kerja, laporan perincian data kesehatan dan grafik kunjungan pasien poliklinik.
Perusahaan mana saja yang sudah menjalin
kerjasama denganKLINIK BINTANG (BMC)GROUP?
1.
TOSERBA YOGYA SUKABUMI ( RAWAT JALAN )
2.
PT. MEGAH ARTHA GARMENT ( IN HOUSE KLINIK )
3.
PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA ( ALFAMART TOSERBA )
4.
PT. INDOMARCO ( INDOMART TOSERBA )
5.
PT NIKE (RAWAT JALAN)
DimanaSajaKLINIK BINTANG (BMC)GROUPmembukalayanannya ?
- Pusat : Jl. GOLPARA PerumahanBumiPanineungan Indah blok f No. 3
KlinikINTENSIVE HOME
CARE 24 jam (0856 2446 2058)
- Cab 1 : KLINIK BINTANG (BMC)GROUPJl, Cianjur-Bandung Km
KpCiodeng

GAMBARAN UMUM
A. LOKASI
KLINIK BINTANG (BMC)GROUPberada diJl. Cianjur-BandungKp. Ciodeng Posisi kami tepat
di pinggir jalan raya Jadi sangat strategis mudah dijangkau dari segala arah.
B.
SARANA DAN
PRASARANA
Untuk menunjang operasionalKLINIK BINTANG (BMC)GROUP, diperlukan sarana dan prasarana sesuai persyaratan antara
lain berupa bangunan, peralatan medis, peralatan non
medis, dan penunjang lainnya.
- Bangunan
Bangunan KLINIK BINTANG (BMC)GROUPyaitu
a)
Ruang Pendaftaran
terdiri dari :
-
Ruang tunggu
-
Loket Pendaftaran pasien
b)
Ruang Poli Umum
terdiri dari :
-
Ruang Periksa 1
Buah
-
Ruang Emergency 1
Buah



-
Ruang periksa 1 Buah
-
Ruang Tunggu 1 Buah


- Ruang Cuci Film
- Ruang Tunggu Pasien
e). Laboratorium terdiri dari :
- Ruang sample
1 buah
- Ruang Kerja
1 buah
g). Ruang Depo Obat 1 buah
h). Tolilet / WC pasien 1 buah
i).
Ruang Jaga Dokter 1 buah
j). Ruang Jaga Perawat 1 buah
k).
Mes Karyawan 1 Buah
2.
Peralatan Medis
Dalam pelaksanaan
tugas sehari-hari peralatan medis sangat
menentukan mutu pelayanan yang diberikan oleh KLINIK BINTANG (BMC)GROUPkepada para pasien. Untuk mewujudkan hal tersebut serta
memenuhi standar yang dipersyaratkan, kami menyediakan peralatan sesuai standar
3.
Peralatan Non Medis
Sebagai sarana pendukung, peralatan non medis juga sangat
menentukan kelancaran operasional dariKLINIK
BINTANG (BMC)GROUP, untuk itu kami menyediakan peralatan sesuai dengan
standar yang telah ditentukan.
TENAGA
Tenaga pelaksana adalah tenaga-tenaga trampil dan
berpengalaman dibidangnya masing-masing. Saat ini KLINIK BINTANG (BMC)GROUPtelah tersedia tenaga yang terdiri dari :
-
Dokter Umum 3 Orang
-
Bidan 1
Orang
-
Perawat 3 Orang
-
Administrasi 1 Orang
-
Kebersihan 1 Orang
C.
JENIS PELAYANAN
1.
Poli Umum
☞
Pemeriksaaan & Pengobatan Anak
& Dewasa
☞
Operasi Kecil
☞
Emergency ( Gawat darurat ) 24 jam
☞
Khitanan dengan Laser
☞
Panggilan Rumah ( On Call )
☞
Dokter Jaga 24 Jam
☞
Konsultasi
- Depo Obat
☼ Menyediakan obat-obatan
yang berkualitas dengan
harga
terjangkau
☼
Memberikan pelayanan yang cepat, tepat
dan ramah.
☼
Beroperasi selama 24 jam
- Laboratorium
·
Pemeriksaan Gula Darah
·
Pemeriksaan Colesterol
·
PemeriksaanAsamurat
- POLI KEBIDANAN
·
Pemeriksaan
&Konsultasi Kehamilan
·
Suntik kb 1&3 Bulan
·
Persalinan Normal 24 jam
·
Imunisasi Ibu Hamil
(TT)
·
Imunisasi BCG,DPT,POLIO,CAMPAK
·
Pasang iud COVER T danLepas IUD
·
Pasang IMPLAN dan Lepas IMPLAN
- RADIOLOGI / RONTGENT
- MEDICAL CHECK UP
-
Medical Check Up Umum
-
Medical Check Up
Karyawan
-
Medical Check Up TKI
-
Medical Check Up
Jemaah Haji
SISTEM
PEMASARAN

Dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat KLINIK BINTANG (BMC)GROUPmemakai 2 ( dua )
metode antara lain :
1.
METODE PELAYANAN SECARA
BEBAS
Yang dimaksud pelayanan secara bebas bahwa KLINIK BINTANG (BMC)GROUPmenerima pasien / pengunjung dari masyarakat tanpa adanya
ikatan / kontrak tertentu.
Dalam hal ini masyarakat / pengunjung dapat datang langsung ke KLINIK BINTANG (BMC)GROUPbaik melalui perjanjian terlebih dahulu atau tidak, juga
dapat meminta petugas kami untuk datang ke tempat pasien.
2.
METODE
PELAYANAN SECARA KONTRAK
Yang di maksud dengan pelayanan secara kontrak adalah bahwa KLINIK BINTANG
(BMC)GROUPbekerjasama dengan suatu
Institusi untuk melayani pengunjung / pasien dengan suatu perjanjian (kontrak)
tertentu.
Kontrak / kerjasama ini dapat dilaksanakan dengan sekelompok
masyarakat atau perusahaan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi karyawan
dan keluarganya
Sedangkan keuntungan yang dapat diperoleh dari pelayanan
secara kontrak adalah :
- Untuk tagihan ke perusahaan dapat lebih terkontrol, karena dengan sistem ini akan dapat dihindari penyalahgunaan pemakaian fasilitas kesehatan oleh orang lain atau keluarga karyawan yang tidak berhak mendapatkan pertanggungan biaya kesehatan
- KLINIK BINTANG (BMC)GROUPmemberikan pelayanan selama 24 jam tanpa hari libur, hal ini sangat menguntungkan perusahaan terutama yang beroperasi selama 24 jam atau bila harus lembur sampai larut malam, karena apabila terjadi masalah kesehatan/kecelakaan kerja di perusahaan kami siap memberikan pertolongan
- Sebagai tempat untuk menseleksi kesehatan karyawan baru oleh dokter yang memperoleh lisensi dari Departemen Tenaga Kerja, hal ini berguna untuk menghindari perusahaan mempekerjakan karyawan yang berpenyakit kronis, dan atau menular
- Surat izin sakit bagi karyawan akan lebih selektif dan perusahaan terhindar dari surat izin sakit fiktif sehingga kinerja perusahaan juga lebih efektif
- Dalam menggunakan obat-obatan kami selalu berusaha memberikan resep secara rasional dengan tetap mengutamakan kesembuhan pasien sesuai standar baku pengobatan penyakit
- Dalam hal penagihan, kami memberikan tagihan setiap akhir bulan sehingga akan memudahkan pembukuan keuangan perusahaan dalam pembayaran klaim tagihan pembiayaan kesehatan dan perusahaan tidak perlu lagi menyeleksi satu persatu kwitansi tagihan kesehatan.
Dalam pelayanan perawatan kesehatan kontrak
kami menawarkan sistem perpaket yang terdiri dari :
PAKET I
Pelayanan konsultasi dan
pengobatan ( Jumlah nilai obat dibatasi ).
PAKET II
Pelayan konsultasi dan
pengobatan ( Jumlah nilai obat tidak dibatasi ).
PENUTUP
Demikianlah proposal
kerjasama ini kami buat, semoga dapat memberikan gambaran tentang KLINIK BINTANG
(BMC)GROUPyang kami dirikan.
Kami menyadari bahwa masalah pengelolaan
kesehatan pada perusahaan bukanlah hal
yang mudah, selain perusahaan direpotkan dalam bidang kesehatan karyawannya dan
juga mengenai pelaporan K3.
Perusahaan semestinya tidak perlu memikirkan
hal-hal tersebut di atas. Tetapi karena masalah kesehatan merupakan hal yang
sangat penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan dan sudah menjadi
tuntutan peraturan hukum dan trend dunia maka untuk kemajuan dan kemudahan
dalam legal dan pemasaran maka mau tidak mau masalah ini harus dikelola dengan
baik dan profesional.
Untuk itu seluruh jajaran petugas medis, paramedis dan
tenaga administrasi KLINIK BINTANG (BMC)GROUPsiap
membantu perusahaan Bapak / Ibu bukan hanya masalah kedokteran
tetapi juga masalah K3 selama 24 jam terus-menerus.
Harapan kami dengan adanya KLINIK BINTANG
(BMC)GROUPdapat membantu memelihara seta
meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di lingkungan keluarga dan
pekerjaannya yang dengan sendirinya akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi
kerja, sehingga secara keseluruhan akan meningkatkan produktivitas perusahaan
dan pada gilirannya nanti akan meningkatkan derajat kesejahteraan pekerja pada
khususnya dan meningkatkan kualitas manusia indonesia pada umumnya.
Kami
menyampaikan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah
mempercayakan pengelolaan kesehatan
karyawan beserta keluarganya kepada kami. Kami berkomitmen untuk terus
meningkatkan pelayanan kami pada perusahaan-perusahaan yang telah bergabung
dengan kami.
Semoga proposal ini dapat menjadi bahan
pertimbangan Bapak / Ibu untuk mempercayakan masalah kesehatan karyawannya
kepada kami.
Terima kasih
KLINIK BINTANG (BMC)GROUP
Br. YusupSupiandi,S.Kep.Ners
Direktur
Utama
LAMPIRAN KERJASAMA
I. POLI UMUM
PAKET OBAT TERBATAS
Untuk paket ini biaya obat
dibatasi sampai maksimum sesuai dengan kelasnya
(struktur jabatan dalam perusahaan )
PENGOBATAN KARYAWAN : Rp.
50.000
(Lima PuluhRibu Rupiah)
Harga bias kurang atau sesuai dengan perjanjian…
KETERANGAN :
Atas pertimbangan medis dokter, untuk penyakit
berat yang memerlukan obat melebihi plafon biaya obat-obatan, maka plafon
biaya obat dapat dinaikkan sampai
dengan 100 % ( seratus persen )
sampai dengan plafon maksimum.
Untuk pasien dengan tindakan ringan, seperti
operasi kecil, khitanan, jahit luka dan sebagainya, dikenakan biaya tersendiri
yang tidak termasuk dalam paket.
PELAYANAN KHUSUS
Yang dimaksud pelayanan khusus adalah pelayanan
gigi, persalinan, Keluarga Berencana (KB). Pelayana tersebut tidak termasuk
dalam plafon harga paket diatas.
Mengetahui,
Br. Yusup Supiandi,S.Kep.Ners,M.Kep
Direktur
Utama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar